Perpustakaan Stan

Peduli Sinergi Melayani

Manajemen Syariah dalam Praktik

Manajemen Syariah Dalam Praktik

Judul Buku               : Manajemen Syariah dalam Praktik

Pengarang                : DR KH. Didin Hafidhuddin &

Hendri Tanjung, S.Si., M.M.

Penerbit                    : Gema Insani

Tahun Penerbit      : Cetakan Kedua, April 2008

Tebal Buku               : 214 halaman

 

Manajemen Syariah: Pembahasan Struktur yang Berbeda dari Biasanya

Jika mendengar istilah manajemen, maka sebagian besar orang-orang akan menjabarkannya dalam empat kata, planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (pelaksanaan), controlling (pengawasan). Tidak ada yang berbeda antara manajemen konvensional dan syariah dalam hal pembagian tahapan manajemen.

Dasar perbedaan dari keduanya adalah kegiatan yang mengisi proses masing-masing manajemen. Manajemen konvensional berfokus pada pengelolaan organisasi yang berujung pada pencapaian profit, sedangkan manajemen syariah selalu berusaha menyelipkan unsur ibadah dalam setiap pelaksanaan kegiatan manajemennya sehingga yang tercapai tidak hanya keuntungan dunia (profit) tetapi juga akhirat.

Buku berjudul Manajemen Syariah dalam Praktik membahas secara detail apa yang dibahas sebelumnya dan dijabarkan dalam sepuluh bab. Selain membahas empat aktivitas manajemen (perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan), buku ini juga membahas mengenai globalisasi, budaya kerja, konflik, serta paradigma baru dalam manajemen yang seluruhnya melalui sudut pandang Islam yang meng-universal.

Berbeda dengan buku manajemen lainnya yang sebagian besar berisi teori, buku ini juga menyelipkan kisah-kisah orang terdahulu yang telah menggunakan manajemen syariah dan terbukti sukses mencapai target.

Pendekatan buku ini yang melalui ajaran Islam, mungkin sedikit membingungkan bagi pembaca yang beragama non-Islam, karena ada beberapa istilah Islam, potongan ayat Al Qur’an dan Hadits yang diikutsertakan. Namun, penulis juga mencantumkan penjelasan dari ketiga hal tersebut, sehingga bagi pembaca di luar Islam masih dapat memahami isi tulisannya.

Buku ini tidak menyudutkan kelemahan akan manajemen konvensional, karena penulis ingin pembaca menilai sendiri baik-lemahnya manajemen dari dua sudut pandang tersebut.

Terlepas dari istilah Islam yang digunakan, secara keseluruhan bahasa yang digunakan penulis sangat mudah di pahami sehingga pembaca tidak diharuskan membaca berulang kali untuk memahami tulisan demi tulisannya.

Buku ini sangat cocok bagi Anda yang mencari metode manajemen yang menyeimbangkan pencapaian antara dunia dan juga kehidupan akhir nantinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 3, 2013 by .
%d bloggers like this: