Perpustakaan Stan

Peduli Sinergi Melayani

Resensi Buku “Habibie 3: Kecil Tapi Otak Semua”

Image

Judul              : Habibie 3 “kecil tapi Otak Semua”

Penulis           : A. Makmur Makka

Penerbit          : Edelweiss

Tahun terbit     : 2012

Tebal                : 183 halaman

Buku ini berisi penggalan cerita-cerita menarik mengenai tokoh yang pernah memimpin bangsa Indonesia sebagai Presiden Republik Indonesia yang ke-3. Tokoh yang pernah mengemban tugas kenegaraan dan kemasyarakatan yang multifungsi. Kendati ada kesan buku ini semacam anekdot karena sejumlah kisah yang dimuat dalam buku ini bisa membuat pembaca tersenyum dan tertawa, tetapi sebetulnya lebih dari itu. Buku ini berdimensi manusiawi, mengupas tuntas apa yang tidak kita ketahui pada sosok B.J. Habibie sehari-hari, seperti yang terjadi pada diri kita atau pada setiap manusia.

Perbedaan antara buku ini dengan buku semacamnya, mungkin hanya terletak dalam setting dan nuansa. Karena rentang waktu kejadian yang cukup panjang, maka urutan kejadian disusun tidak berdasarkan kronologis waktu dan aktualitas, tetapi berdasarkan sekat-sekat tema yang sesuai setiap kejadian dan kisah. Sejumlah kisah yang disajikan dalam buku ini adalah kisah yang penulis alami dan dikutip dari berbagai narasumber. Kata “saya” atau para narasumber tidak akan sama pada setiap kisah. Namun untuk mengetahui narasumber masing-masing kisah, pada akhir bagian dalam buku dicantumkan setiap judul dan narasumbernya. Semua kisah yang termuat di dalam buku ini benar-benar terjadi dan bukan fiktif.

Buku ini juga menampilkan beberapa bukti otentik yang menunjukan karakter dan kebiasaan B.J. Habibie seperti perhatian beliau pada hari-hari bersejarah, puisi-puisi yang menunjukan rasa cintanya kepada tanah air dan rasa cinta beliau kepada Ibu Ainun yang sudah sangat tersohor hingga tertuang dalam sebuah karya film. Buku ini juga memperlihatkan gaya berpikir B.J. Habibie yang berbeda dengan orang biasa dalam menghadapi suatu masalah, pola pikir positif yang dapat ditiru oleh generai muda di masa yang akan datang.

Bahan bacaan yang inspiratif, menghibur sekaligus edukatif. Banyak yang dapat kita ambil dari pengalaman hidup beliau, rasa haus beliau akan ilmu pengetahuan, rasa bangga beliau menjadi warga negara Indonesia, rasa cinta tanah air yang tak lekang walau di negeri orang serta begitu dalam cinta sejati beliau kepada almarhum Ibu Ainun bisa menjadi tauladan kita semua.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 3, 2013 by .
%d bloggers like this: